Cara Membuat Catatan Kaki di Blog

Cara Membuat Catatan Kaki Pada Blog
Cara Membuat Catatan Kaki di Blog- Catatan kaki pada artikel biasanya di buat untuk menyampaikan pesan kepada pengunjung blog. Baik ucapan terima kasih, atau pun peringatan untuk tidak melukan copy-paste tanpa memberikan link sumbernya atau kredit plus bagi blog kita.

Untuk menyampaikan pesan pada pengunjung blog tidak hanya menggunakan catatan kaki saja, bisa juga dengan menggunakan permalink atau permanen link. Hanya saja kalau catatan kaki pada postingan saya kali ini tidak maenggunakan foto sedangkan pada permalink yang saya posting kemarin menggunakan foto admin dan text area yang otomatis  ter-block.

Langsung saja buat sobat yang ingin memakai catatan kaki di blognya, bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Masuk  dengan akun blog sobat
  • Pilih menu template dan klik Edit Html 
  • Centang Expand Template Widget 
  • Cari Kode <data:post.body/> 
  • Tekan Ctrl + F  Untuk mempermudah pencarian kode
  • Letakan script berikut di bawah kode <data:post.body/> 

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><div class='vcard' id='hcard-Riki-Junizar' style='margin-top: 30px; padding: 10px; font-size: 12px; font-family: Arial; background: #ffe6a3; line-height: 1.3em; color: #cc0000'><span style='color:#cc0000; font-size:18px; margin-top:10px'>Terima Kasih Atas Kunjungan Anda</span><br/>
Judul: <span itemprop='itemreviewed'><data:post.title/></span><br/>
Ditulis Oleh <span class='fn n'><span class='given-name'><span itemprop='reviewer'><data:post.author/></span></span></span><br/>

<span style='text-align: justify'>Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel <b><a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a></b> ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya</span>
</div></b:if>

  •  Simpan template dan lihat hasilnya
Keterangan kode di atas :
  • Scipt dengan latar kuning adalah scipt untuk memerintahkan HTML code hanya dieksekusi pada halaman-halaman artikel saja. Jadi kode ini tidak akan tampil di beranda blog.

  • Script latar biru adalah kotak untuk tampilan script ini. Saudara bisa mengubah warna untuk color dan background sesuai dengan selera. Jangan lupa mengubah nama Riki-Junizar, menjadi nama saudara di blogger.
  • Script dengan latar hijau adalah perintah untuk mengeksekusi kode rich snippet microdata review.  
  • kode tercetak tebal warna merah adalah kode yang dibutuhkan untuk menampilkan judul artikel dan URL artikel.
  • Script berlatar putih adalah kata-kata yang ada dalam catatan kaki nanti, sobat bisa mengubahnya dengan kalimat yang sobat inginkan.
Catatan: Jika kode <data:post.body/> lebih dari satu, saudara bisa coba pasang salah satunya dulu. Jika tidak tampil segera pindahkan kode ini ke yang lainnya lagi.
Jika langkah-langkah yang sobat lakukan benar maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini :
Contoh Catan kaki pada Blog
 Klik gambar untuk memperbesar


Terima kasih telah membaca artikel tentang :

Cara Membuat Catatan Kaki Pada Blog

Artikel Terkait