Apa itu Google Page Rank dan Alexa Rank?

Saya pikir blogger yang sudah lama berkecimpung di dunia blogging sudah mengerti sebagian besar dari apa yang google pagerank dan alexa rank. Tapi bagi blogger yang tidak mengerti apa yang dimaksud google pagerank dan alexa rank dapat membaca artikel ini. Secara umum bisa saya katakan adalah pagerank dan alexa sistem peringkat sebuah blog atau website. Selain itu, dari angka itu bisa diketahui nilai popularitas blog. Ini berarti bahwa semakin baik peringkat, semakin populer blog pula. Yah mungkin satu per satu, ya kita bahas tentang pagerank dan alexa.

A. Tentang Google PageRank

PageRank adalah peringkat atau nilai sebuah blog atau website di mata google. Peringkat PageRank didasarkan pada skala poin 1-10, semakin besar nilai, semakin baik nilai blog. Penilaian didasarkan pada jumlah backlink yang masuk dan keluar dari dan ke situs dan nilai SEO dari blog, (misalnya, artikel entri khusus pada halaman pertama pencarian google). Pemilik perhitungan berdasarkan metode atau teknik algoritma google itu sendiri. Untuk memperbarui PageRank yang biasanya 3 bulan.Pada tahun 2012 telah diperbarui 2 kali, yaitu pada bulan Februari dan Mei (tggl tepat 3 Mei). Untuk sobat yang ingin memeriksa pagerank blog silahkan ke http://www.prchecker.info/. Ini akan terlihat seperti gambar di bawah
Mengenal Pagerank Chekker

B. Tentang Alexa Rank

Untuk alexa peringkat itu sendiri didasarkan pada kombinasi dari sejumlah besar pengunjung harian dan jumlah pageviews. Ada (banyak) yang mengatakan teknik pengukuran didasarkan pada instalasi alexa alexa toolbar di firefox, google chrome, dan lain-lain, saya pikir ini tidak sepenuhnya benar, karena saya pernah menginstal toolbar Alexa pada firefox, internet explorer amaupun Google chrome , ranking alexa blog saya tetap terus meningkat / berfluktuasi. Peringkat Alexa biasanya diperbarui setiap 1 atau 2 hari baik dunia (dunia) serta lokal.  

Jadi setiap hari dalam peringkat alexa bisa naik bisa turun tergantung kunjungan ke blog kita.Tingkat reputasi dan menghitung backlink atau link masuk di alexa rank dihitung hanya sekali untuk blog / website meskipun link yang sering masuk dari blog, dan diperbarui setiap bulan. Perbedaan mendasar antara pagerank alexa dipagerank adalah bahwa jika kita tidak perlu ada pagerank memasang meta tag dalam template, sedangkan jika kita akan mengklaim alexa alias blog memasang konten pada template meta alexa diberikan saat pendaftaran. Selain itu, jika di google pagerank skala nilai 0-10, semakin besar semakin baik, sedangkan jika di alexa jutaan, semakin kecil semakin tinggi peringkat.

ALexa Rank Traffic

Nah teman saya, mungkin tidak mengerti apa google pagerank dan alexa? Inti dari kedua adalah sistem peringkat website / blog seberapa populer tingkat reputasi, yang dapat diukur dari jumlah kunjungan, masuk dan keluar backlink upaya optimasi mesin pencari, alias blog SEO. Bagi blogger yang blog peringkat masih rendah, jangan berkecil hati, terus mencoba dan ingat mesin pencari google yang semakin pintar, cobalah untuk tidak copy paste mentah-mentah. Blog dengan PageRank tinggi tidak menjamin kunjungan ke blog-nya juga tinggi, tetapi dapat dilihat pada alexa rank, alexa rank jika alias kecil kurus itu berarti kunjungan ke blog-nya ramai.


Referensi: supergaptek.com

Artikel Terkait