apa itu Link Juice?

Apa Itu Link Juice? Penting kah?
BloggerCungkring - Dunia SEO memang sangat mengagumkan ya sobat..? seperti halnya dunia internet ada banyak istilah yang muncul dalam SEO google dance dan salah satunya adalah link juice. Sekarang saatnya kita mengenal Link Juice dan manfaatnya untuk SEO, langsung saja. Istilah link juice di populerkan oleh seorang SEO Consultan, Greg Boser.

Definisi Dan Pengertian Link Juice.
Link Juice adalah sebuah link (tautan) yang berada di sebuah halaman website yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan ranking website yang sedang dilink. Tolok ukurnya dapat dilihat dari tingkat kepopuleran sebuah website, makin populer website tersebut maka akan memiliki nilai Link Juice yang tinggi.
Tingkat kepopuleran sebuah website dapat dihitung dari jumlah dan kualitas backlink yang dimiliki oleh website tersebut.

Untuk bertukaran link, atau ketika sedang melakukan backlink pastikan website Anda berada pada halaman yang memiliki nilai link juice terbaik yaitu halaman Home (depan – index). Karena pada sub halaman nilai link juice akan berkurang dan menurut Impnerd, link juice adalah istilah yang digunakan untuk mengekspresikan jumlah pagerank yang diberikan kepada sebuah halaman yang berasal dari link external. Selain itu, link juice juga di dapat dari visitor yang di hasilkan dari sebuah link.

GetFoundNow memberikan istilah yang berbeda untuk istilah Link Juice. yaitu Pass Through Ratio. Padahal Pass Through Ratio memiliki konsep yang sama dengan Link Juice. yaitu kualitas atau bobot yang diberikan oleh sebuah website ke website lain melalui sebuah link. Oleh karena itu, Jika mengajak bertukar link, pastikan dimana link Anda akan ditempatkan. Lokasi link anda menentukan bobot link tersebut.
Apa Itu Link Juice? Penting kah?
Penggunaan Link Juice Untuk SEO.
Sesungguhnya, jumlah link (backlink) sangat menentukan posisi kita di search engine. Tapi bukan sembarang link, melainkan link yang berkualitas. Link juice memberikan bobot tentang kualitas dari backlink tersebut. Menurut GetFoundNow ada beberapa aturan yang digunakan dalam link juice, yaitu :
  • Ketahui halaman penempatan link Anda : jika anda bertukar link dengan blog lain selain di homepage atau halaman depan, maka pastikan Anda mengetahui dimana link anda akan ditempatkan pada situs tersebut. Jika anda tidak tahu dimana link anda ditempatkan maka itu bisa menjadi bahaya bagi blog anda. Bisa jadi link anda di tempatkan di tempat yang tidak terjangkau oleh robot google. Yang lebih parahnya lagi, bisa jadi link anda di pasangi tag relation nofollow. , untuk link anda dalam blog saya, saya menempatkannya khusus di salah satu halaman dan dapat terindeks baik oleh robot google.
  • Link ke luar (outbound link) suatu situs tidak boleh lebih dari 100 link : perhatikan halaman dimana link Anda akan ditempatkan. Jika halaman tempat link anda di pasang memiliki link keluar atau outbound link atau external link lebih dari 100 link, maka kualitas link di halaman tersebut tidak baik. Yang tentu saja akan sangat berbahaya bagi blog anda. Oleh karena itu, sebenarnya system berburu Link melalui tukar link yang banyak dilakukan blogger saat ini sebenarnya salah dan berbahaya bagi blog anda, karena biasanya halaman tukar link memiliki banyak link dari blog lain. akan lebih baik jika link anda ditempatkan hanya di satu halaman. Bisa melalui tukar review atau yang lainnya.
  • Iklan atau link sponsor kurang dari 25 : Iklan atau link ke sponsor blog anda (biasanya dari iklan PPC) tidak boleh lebih dari 25 link ke luar. Dan akan Lebih bagus lagi jumlahnya dibawah 16 link. jadi, hati-hati terhadap monetize blog. Selalu saya katakan kalau Monetize Blog bisa menyusul belakangan. Tunggu hingga trafik anda cukup.
  • Google Adwords maksimal 2 area atau unit : situs yang memiliki iklan google adwords atau adsense unit tidak akan bisa membantu Anda.
  • Cari Link Dari Blog Yang ber-PR 1 Peringkat Lebih Baik Dari Blog Anda : Usahakan Halaman Tempat Link anda di pasang memiliki minimal PR 3. Dan usahakan juga lebih baik dari PR Anda. tapi bisa saja link yang di dapat dari blog ber-PR rendah menjadi lebih berkualitas dari blog ber-PR tinggi. Hal ini karena posisi link anda di tempatkan sangat baik di blog lain Dan mudah di temukan robot google, sehingga menjadi google backlink (GBL). Contoh Penempatan link yang baik adalah di dalam artikel anda.
menurut saya sebenarnya aturan link juice ini sangat penting untuk meningkatkan popularitas situs Anda dan situs lain. jadi bisa saling membantu untuk meningkatkan popularitas situsnya masing-masing.. :) ,demikian penjelasan untuk link juice semoga bisa di mengerti, jika yang ingin ditanyakan tentang artikel satu ini silahkan bertanya di komentar, :) ,terima kasih..

Artikel Terkait