Mengenal Penyakit Anoreksia dan Gejalanya

Mengenal Anoreksia dan Gejalanya. Penyakit Anoreksia atau Anoreksia Nervosa (AN) adalah kondisi yang terjadi pada seseorang dimana terjadi gangguan pola makan yang biasanya ditandai dengan penolakan semua makanan yang disebabkan oleh ketakutan yang berlebihan terhadap peningkatan berat badan dan hal itu akibat dari pencitraan diri yang menyimpang. Selain itu anoreksia juga terjadi karena pola pikir seseorang yang menyimpang dalam berpikir dan mengevaluasi makanan yang masuk dalam tubuhnya. Dalam bahasa medis anoreksia arti sederhananya adalah kehilangan nafsu makan. Meskipun ada kalanya mereka memakan sesuatu, tetapi kemudian memuntahkannya lagi.

Anoreksia kebanyakan sering dialami oleh kaum wanita, karena kaum wanita memang lebih mementingkan
bentuk tubuh ketimbang kaum lelaki. Biasanya anoreksia ini dialami oleh para model yang menginginkan
tubuhnya tetep kurus atau orang yang kelabihan berat badan dan ingin menurunkannya. Demi menjaga berat badan itulah kenapa banyak sekali kaum wanita rela menderita untuk mendapatkan tubuh yang ideal, meskipun sebenarnya untuk mendapatkan tubuh yang ideal tidak harus melakukan diet yang menyiksa. tetapi cukup dengan pola makan sehat yang diatur sedemikian rupa tanpa mengurangi kebutuhan tubuh dan olah raga yang teratur, sudah bisa membuat tubuh kita mempunyai bentuk tubuh yang proporsiaonal.

Seseorang yang mengidap anoreksia biasanya menginginkan tubuh ramping dengan cara exstrem sehingga mereka menolak semua makanan atau asupan nutrisi yang memang diperlukan oleh tubuh. Selama ini anoreksia dipandang sebagai penyakit yang diakibatkan oleh faktor psikologis dan sosial, misalnya orang yang mempunyai kelebihan berat badan hingga dia sering diolok-olok oleh lingkungan yang ahirnya dia malu bergaul dengan siapapun. Dan untuk menurunkan berat badan itulah jika dia punya pikiran menyimpang maka akan berakibat pada penyakit anoreksia.

Gejala awal anoreksia biasanya memang menolak semua asupan makanan, meskipun berat badanya sudah tergolong kurus sehingga mereka bisa menahan lapar untuk mencapai berat badan yang mereka inginkan.
Berikut adalah tanda dan gejala seseorang mengalami anoreksia :

  • Berat badan menurun hingga 15 % dari berat badan sebelumnya
  • Cenderung menyendiri karena malu dengan bentuk tubuh mereka
  • sering merasa gelisah, depresi dan mudah tersingung
  • Ketakutan yang berlebihan akan kegemukan (obesitas)
  • Mengurangi asupan kalori dan melakukan olahraga exstrem untuk menurunkan berat badan
  • Beberapa ada yang mengalami kepribadian yang tertutup (introvet)
  • Siklus menstruasi terhenti padahal belum memasuki masa menopouse
Untuk mencegah anoreksia sebaiknya mulai sejak dini sudah  ditanamkan pada anak-anak, pastikan mereka mengerti bahwa menjaga pola makan dan olahraga adalah untuk mendapatka tubuh yang sehat bukan untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Mungkin dengan begitu bisa tertanam dalam pola pikir anak hingga ia tumbuh dewasa kelak. Gangguan kesehatan penderita anoreksia juga akan mengalami berbagai ganguan kesehatan lainnya, seperti anemia, jantung, paru-paru, tulang rapuh, gangguan pencernaan, mentruasi terganggu, ginjal dan fatalnya adalah kematian. untuk itu tetap jaga kesehatan, karena tubuh yang sehat bukan terletak pada bentuk tubuh langsing atau gemuk. BE HEALTHY BE HAPPY...!!!   


>>>> Semoga Bermanfaat <<<<        

Artikel Terkait