Giyanti Coffee and Roastery



Giyanti Coffee & Roastery

Jalan Surabaya No.20, Menteng, Jakarta

Jam Buka
Rabu - Sabtu; Jam 08.30 - 17.30
Kisaran Harga
Rp 30.000 - 55.000

Bagi kalangan pecinta kopi di Jakarta, kafe Giyanti merupakan salah satu kafe yang wajib dikunjungi untuk mencoba kopi berjenis Espresso dan berbagai varian campuran susunya. Terletak di Jl Surabaya, Menteng, lokasi kafe ini cukup tersembunyi di belakang Restoran Cali Deli dan Nujaniv Spa. Ditambah lagi dengan jam buka yang tidak konvensional, membuat berkunjung ke kafe ini menjadi semakin sulit bagi pekerja kantoran Jakarta. Namun, apabila kamu membulatkan niat dan tekad kamu serta meluangkan waktu di sela-sela pekerjaan kamu untuk berkunjung ke kafe ini, pastinya kamu tidak akan rugi.

Memang, kopi yang disangrai oleh Mas Hendrik Halianto sudah mencapai level legendaris di kalangan pecinta kopi Jakarta. Kopi dari Giyanti banyak digunakan oleh kafe lain sebagai kopi Espresso mereka. Bahkan, salah satu alasan kenapa kafe ini tutup dari hari Minggu hingga Selasa adalah untuk memberikan waktu kepada Mas Hendrik untuk menyangrai kopi yang volumenya sudah sampai ratusan kilogram per minggunya. Jadi wajar jika kafe ini sangat ramai di jam makan siang dan hari Sabtu.

Untuk masuk ke kafe ini, kamu harus melewati sebuah gang disamping Nujaniv Spa dan tiba-tiba disambut dengan pemandangan bar espresso, mesin sangrai yang cukup besar, dan ruang mengopi yang cukup luas. Desain interior yang ditawarkan bertema sederhana dengan mebel jati minimalis, bata ekspos, dan pernak-pernik bertema vintage. Ruang mengopi di kafe ini terbagi menjadi dua, dalam ruangan dan luar ruangan, untuk memisahkan area merokok dan tidak merokok. Sementara untuk melakukan proses pemesanan dan pembayaran langsung dilakukan di bar.

Kopi Sirisi-Risi dari Giyanti
Menu yang disediakan kafe ini adalah minuman dan makanan ringan. Untuk makanan berat, kafe ini juga bekerja sama dengan Restoran Cali Deli untuk menyajikan menu mereka di kafe ini. Minuman yang ditawarkan umumnya berbasis espresso seperti cappuccino, latte, mocca, dan lain-lain yang dapat dipesan panas atau dingin. Pilihan kopi yang menjadi dasar minuman espresso biasanya tersedia dua hingga tiga macam, bergantung pada ketersediaan kopi pada saat itu. Bagi kamu yang tidak menyukai kopi, kafe ini juga menawarkan coklat panas atau mocha yang sangat enak. Untuk makanan ringan, kafe ini menyediakan berbagai macam pie dan brownies untuk menemani kamu mengopi.

Untuk meracik kopi, kafe ini dulunya sempat menggunakan mesin espresso dengan merek Victoria Arduino tipe Athena Leva 3 group. Mesin yang menggunakan tuas ini dimodifikasi oleh pemiliknya sehingga dapat memberikan profil tekanan dan temperatur yang cocok dengan kopi yang digunakan. Namun, karena banyaknya jumlah pengunjung kafe ini, penggunaan tuas untuk mesin espresso menjadi beban tersendiri bagi pemiliknya. Terlebih lagi barista yang dapat menggunakan mesin hanya satu orang, Mas Hendrik sendiri. Karena itu, mesin espresso yang digunakan diganti menjadi Kees van der Westen tipe Spirit 3 group yang cukup menggunakan tombol untuk membuat espresso.

Bagi kamu penikmat kopi, kafe ini wajib untuk dikunjungi. Selain bisa menikmati kopi, disini kamu juga bisa belajar mengenai berbagai aspek pembuatan kopi itu sendiri. Dan jika kamu menyukai kopi yang kamu minum, kamu juga bisa membeli biji kopi untuk diseduh di rumah.

Artikel Terkait