Cara Merawat Printer Infus



http://supermetroemall.com/image/cache/data/000BARU-BARU/Baru/baru-baru/bababaru/epl210c-500x500-500x500.jpg

Bila anda mendengar kata printer pasti sudah tidak asing lang di telinga, karena printer merupakan sebuah alat atau media yang digunakan untuk mencetak hasil pekerjaan kita baik itu dokumen atau gambar sekali pun. Alat ini biasanya digunakan baik oleh perorangan maupun perusahaan. Printer merupakan alat untuk mencetak apa saja dalam bentuk tinta diatas kertas yang kita sediakan serta mempunyai ukuran yang bermacam - macam sesuai dengan ukuran yang kita inginkan.
Printer pada prinsipnya adalah itu alat untuk mencetak dari media elektronik dalam hal ini komputer / laptop, camera atau pun scanner yang intinya hasil karya kita akan dicetak dalam suatu media kertas dan sesuai dengan ukuran kita. Printer memilki 2 jenis yang sering dijumpai oleh kita dalam kehidupan sehari-hari yaitu printer infus dan printer yang original. Yang dimaksud dengan printer infus adalah printer yang sudah dimodifikasi dimana cartridgenya terus dialiri tinta dari tabung tinta yang dihubungkan dengan selang menuju head / cartridge, sedangakan printer orisinil adalah printer yang dipasarkan oleh produsen pabrik itu tanpa melakukan modifikasi ditubuh printer tersebut.
Pada bagian ini saya akan mencoba menjelaskan mengenai printer dengan sistem infus. Pada printer ini mempunya banyak kelebihan dan juga banyak kekurangan, salah satu kelebihanya adalah anda tidak perlu sering-sering mengisi tinta dan mengisi tinta lebih mudah karena tidak usah di suntik. tapi kekuranganya adalah printer sering rewel apabila tidak di rawat dengan benar. sebab infus ini merupakan modifikasi yang tidak di anjrkan pabrik.
Selain itu juga pada printer hasil modifikasi memilki cara perawatan yang berbeda tentunya dengan printer yang berasal dari pabrik. Oleh sebab itu saya akan mencoba untuk menjelaskan mengenai bagaimana cara merawat printer injek ini, berikut penjelasanya.
Berikut ini merupakan tips cara merawat printer injek, yaitu:
1.      Tempat meletakkan printer harus di perhatikan, jauhkan dari cahaya langsung matahari, jauhkan dari tempat yang berdebu.
2.      Dalam meletakkan, Printer dan Tabung Infus harus sejajar, tidak boleh tabung infus lebih tinggi atau lebih rendah dari unit printernya.
3.      Pastikan tutup tabung yang kecil terbuka saat printer mulai digunakan, supaya tinta bisa mengalir.
4.      Perhatikan kondisi tinta, jika tinta sudah hampir habis atau sudah 1/4 botol maka segera lakukan isi ulang
5.      Jangan sampai tinta dalam botol infus benar-benar habis, akibatnya bisa membuat head cartridge kering
6.      Gunakan printer minimal sehari sekali, untuk tetap menjaga kondisi head printer, kalau perlu sebaiknya printer jangan di matikan. (sebagian printer akan melalukan cleaning otomatis apabila tidak di gunakan)
7.      Apabila ingin memindahkan printer, pastikan tutup tabung tertutup semua.
8.      Jangan membawa printer dengan posisi miring atau terbalik
9.      Apabila menggunakan botol pembuangan di belakang printer, pastikan isi pembuangan di buang sebelum penuh.
10.  Jika kualitas cetak sudah tidak maksimal lakukan head cleaning.
11.  Jika ada udara dalam selang infus, lakukan head cleaning sampai tinta mengalir ke head cartridge
12.  Jangan menggunakan pinter terus menerus tanpa jeda, lebih baik gunakan berkala, misal apabila ingin mencetak 50 lembar maka cetak dulu 10 lembar lalu jeda 1-2 menit baru di lanjutkan 10 lembar lagi dan seterusnaya. untuk menjaga cartridge agar tidak over head (printer juga bisa capek sob)
13.  Gunakan tinta sesuai merek printernya. karena tingkat kekentalan masing-masing merek berbeda
14.  Yang paling penting, Perlakukan printer tersebut dengan baik. biar bagaimanapun itu printer sudah membatu pekerjaan anda.
Demikian tips-tips yang perlu dilakukan agar menjaga printer anda dan bertujuan agar printer anda tetap awet dan menghasilkan hasil printan yang sempurna serta dapat membantu untuk mengurangi pengeluaran anda sehari-hari.


Artikel Terkait