Fakta-Fakta Tentang Ular



Fakta Ular yang Luar Biasa

Ular merupaka binatang reptil melata yang memiliki banyak sekali jenisnya didunia dan penyebaranya hampir merata di seluruh dunia. Ular dapat digolongkan sebagai reptil dari keluarga Squamata atau hewan yang memiliki sisik ditubuhnya. Menurut National Geographic didunia ini memiliki sekitar 3000 spesies ular yang diantar jenis itu dapat digolongkan sebagai hewan yang memiliki bisa dan sebagian lagi ada yang tidak memilki bisa.
Bagi sebagian orang beranggapan bahawa ular adalah hewan yang berbahaya, menakutkan, menjijikan dan sebagainya. Tapi untuk sebagian orang atau pencinta reptil mengatkan bahwa ular merupakan biantang yang eksotis dan memilki keunikan tersendiri oleh sebab itu banyak yang memnjadikan hewan ini sebagai bintang peliharaan dirumah mereka. Anggapan itu memang benar adanya namun perlu di ingat bahwa ular tidaklah berbahaya karena pada dasarnya hewan ini akan nenyerang apabila ia merasa terganggu oleh kita.
Banyak orang memiliki persepsi yang salah mengenai Ular, sehingga bila bertemu dengan seekor ular cenderung memusuhi dan langsung membunuh hewan itu. Akan tetapi tindakan tersebut sangatlah salah karena ular memilki manfaat bagi keseimbangan ekosistem kita yaitu salah satunya dapat mengontrol populasi tikus atau hama yang lainnya. Selain manfaat tadi ada baiknya kita mengetahui mengenal fakta-fakta tentang ular adalah hal yang sangat berguna. Berikut ini adalah beberapa fakta tentang ular yang akan dijelaskan, sebagai berkut:
1.             Di Dunia ini, ada lebih dari 3000 jenis spesies ular, dan sekitar 375 diantaranya adalah ular berbisa dan lebih dari 70% jenis ular yang berbisa ini ada di Australia.
2.             Banyak sekali jenis bisa ular, ada yang hanya menimbulkan bengkak, ada yang menyebabkan keracunan serius, bahkan ada yang bisa melumpuhkan tubuh sampai menewaskan korbannya. Janis bisa ular yang paling mematikan adalah Neurotoxic venom, bisa ular ini mampu merusak sistem syaraf dan bisa menewaskan manusia karena bisanya hanya dalam waktu kurang dari lima menit.
3.             Jenis ular terbesar adalah Anaconda, dimana ular ini bisa tumbuh hingga mencapai panjang 38 kaki atau sekitar 13 meter, sedangkan ular terkecil adalah jenis ular brahminy blind yang panjang tubuh maksimalnya hanya 2 inchi.
4.             Jenis Ular paling beracun di dunia adalah Ular Taipan Australia, ular ini mempu membunuh 100 orang dengan bisa racunnya hanya dengan sekali gigit.
5.             Jenis Ular berbisa terbesar adalah King kobra, panjang tubuhnya bisa mencapai 5 meter dan satu gigitannya cukup untuk mematikan seekor gajah.
6.             Induk Ular betina tidak pernah menjaga telur-telurnya, mereka akan membiarkan anak-anaknya keluar sendiri dari telurnya.
7.             Sebagian besar ular bereproduksi dengan cara bertelur, tapi ada beberapa jenis ular yang diketahui bisa melahirkan, diantaranya adalah ular kadut belang, ular pucuk dan ular bangkai laut.
8.             Ular memakan mangsanya bulat-bulat; artinya, tanpa dikunyah menjadi keping-keping yang lebih kecil. Gigi di mulut ular tidak memiliki fungsi untuk mengunyah, melainkan sekedar untuk memegang mangsanya agar tidak mudah terlepas.
9.             Untuk menghangatkan tubuh dan juga untuk membantu kelancaran pencernaan, ular kerap kali perlu berjemur (basking) di bawah sinar matahari.
10.         Dalam kitab-kitab suci, ular kebanyakan dianggap sebagai musuh manusia. Dalam Alkitab (Perjanjian Lama) diceritakan bahwa Iblis menjelma dalam bentuk ular, dan membujuk Hawa dan Adam sehingga terpedaya dan harus keluar dari Taman Eden. Dalam kisah Mahabharata, Kresna kecil sebagai penjelmaan Dewa Wisnu mengalahkan ular berkepala lima yang jahat. Dalam salah satu Hadits Rasulullah pun ada anjuran untuk membunuh 'ular hitam' yang masuk/berada di dalam rumah.
11.         Snake. Kata ini berasal dari Bahasa Inggris Kuno snaca, yang berarti 'merangkak' atau 'merayap'.
12.         Ular keturunan dari kadal. Hanya ular tidak memiliki kaki seperti layaknya kadal.
13.         Penglihatan ular cukup meskipun tidak tajam, yang memungkinkan mereka untuk bisa membedakan terang dan gelap serta gerakan.
14.         Beberapa ular membunuh mangsanya dengan menyuntikkan bisa sebelum makan. Sementara yang lain menelan mangsa utuh dan kadang masih hidup.
15.         Seekor Kobra penyembur dapat menyemburkan bisa pada target sekitar 5-7 meter jauhnya.
16.         Bisa Kobra Raja, yaitu ular berbisa terbesar di dunia mampu membunuh seekor gajah.
17.         Semua ular dilahirkan menjadi perenang. Mereka berenang dengan menggerakkan tubuh seperti gelombang, yang dimulai dari kepala terus turun ke ekor.
18.         Ular tidur dengan mata terbuka, karena mereka tidak memiliki kelopak mata dan menggulung tubuh mereka.
19.         Sehabis makan, ular cenderung tidur selama berhari-hari atau bahkan minggu. Pada musim dingin, mereka bahkan tidur nyenyak selama berbulan-bulan.
20.         Kebanyakan ular biasanya bereproduksi sekali dalam setahun. Ular laut hanya kawin sekali setiap 10 tahun.
21.         Mamba hitam adalah ular tercepat di dunia. Ular ini mampu bergerak dengan kecepatan 20 km per jam.


Artikel Terkait