Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan



http://1.bp.blogspot.com/-zc2vggcx8VA/VQ-T48ZNO0I/AAAAAAAAABY/tvBKJ0Qy0TE/s1600/Manfaat%2BBuah%2BDuku%2BUntuk%2BIbu%2BHamil.jpg

Duku atau langsat merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia baik orang dewasa hingga anak-anak sekali pun. Buah ini biasanya dikonsumsi sebagai pencuci mulut namun seiring perkembangan zaman saat ini buah duku pun dapat dijadikan sebagai selai yang digunakan untuk pendamping makanan roti. Duku memilki istilah lain yaitu Lansium Domesticum yang merupakan jenis tanaman dari keluarga Meliaceae yang berasal dari kawasan Asia Tenggara bagian barat, buah ini memilki ciri-ciri yang khas yaitu bentuknya yang kecil dan bulat.
Bagi sebagaian orang yang mengira mirip dengan buah duku adalah buah langsat, kokosan, pisitan, celoring dan lain-lain. Hal ini tidaklah salah karena bentuk dari buah duku dapat dikatakan mirip dengan buah-buahan tersebut. Ciri lain dari buah duku adalah rasanya yang cukup manis, selain itu buah duku memilki ciri lain yaitu jika masih mentah berwarna kehijauan dan rasanya masam, jika warna sudah mulai kekuningan, ini merupakan tanda bahwa buah duku sudah matang dan mempunyai rasa yang lebih manis.
Buah ini memang memiliki segudang manfaat yang sangat berguna bagi kita. Hanya saja, masih belum banyak orang yang mengetahui memanfaatkan buah duku. Diperkirakan setiap 100 gram buah duku mengandung kalori 7 kkal, protein 1.0 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 13 gram, mineral 0,7 gram, kalsium 18 mg, fosfor 9 mg dan zat besi 0,9 mg. Sementara untuk kandungan kalori, mineral dan zat besi duku ternyata setingkat lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah apel atau jeruk manis. 
Usut punya usut, duku juga mengandung Vitamin C dan E, dan memiliki sumber yang baik dari sifat antioksidan. Berkat adanya kandungan lanzones pada duku, sehingga dapat mencegah diare hanya dengan memakan buahnya saja. Oleh karenanya, saya akan mencoba untuk menjelaskan secara singkat tentang manfaat dari buah duku. Untuk mengetahuinya, mari kita simak manfaat buah Duku berikut ini.
1.      Sumber Antioksidan
Buah duku mengandung manfaat vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri merupakan sebuah nutrisi yang berfungsi menghindari tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Kerusakan ini biasanya disebabkan oleh proses pencernaan yang mengubah makanan menjadi energi di dalam tubuh. Antioksidan juga berperan untuk menghindarkan tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh polusi maupun zat beracun.
2.      Mencegah Penuaan Dini
Kegunaan buah duku yakni lainnya yakni akan mencegah penuaan dini. Salah satu faktor penyebab penuaan dini yaitu karena radikal bebas. Seperti yang disebutkan diatas, vitamin C dalam buah ini sangat efektif untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas.
Vitmain C juga bermanfaat untuk melindungi protein lipid, asam nukleat, dan karbohidrat dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas maupun polusi atau racun.
3.      Menguatkan Gigi
Buah duku berkhasiat untuk menguatkan gigi karena kandungan fosfor yang ada didalamnya. Gigi akan menjadi kuat dan sehat jika sering mengkonsumsi buah ini. Hal ini juga bisa dioptimalkan dengan mengkonsumsi manfaat strawberrry untuk kesehatan gigi.
4.      Menjaga Kesehatan Gusi
Kesehatan gusi bisa dirawat dengan mengkonsumsi vitamin C. Seperti yang sudah disebutkan bahwa buah duku mempunyai kandungan vitamin C yang banyak sehingga berkhasiat untuk menjaga kesehatan gusi. Kandungan vitamin C juga banyak terdapat dalam buah jeruk, buah lemon, buah jeruk nipis
5.      Meningkatkan Sistem Imun
Vitamin C sangat dibutuhkan bagi semua orang untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Kandungan vitamin C dalam buah duku berkhasiat untuk menjaga kekebalan tubuh serta berkhasiat juga untuk orang yang sedang berada dalam masa pemulihan.
6.      Menurunkan Berat Badan
Buah duku tidak disangka ternyata juga bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Buah duku akan membantu tubuh untuk mendapatkan carnitine. Carnitine akan mengarahkan molekul lemak ke sebuah jaringan pembakaran lemak. Molekul lemak ini harus diperhatikan bagi siapapun yang sedang menurunkan berat badan karena jika terjadi kekurangan molekul lemak, tubuh akan terasa lelah dan kurang energi.
Jadi, jika carnitine dalam tubuh berkurang akan terjadi penimbunan lemak. Buah duku ini juga bisa dikonsumsi bersamaan dengan buah apel bagi yang tengah menjalani program diet.
7.      Melancarkan Sistem Pencernaan
Buah duku mengandung serat yang sangat tinggi sehingga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Hal ini seperti yang juga ditemui pada  buah pepaya. Selain itu, buah ini juga berkhasiat untuk mencegah kanker pada saluran pencernaan. Kandungan kalori, mineral serta zat besi pada buah duku juga lebih banyak jika dibandingkan dengan apel atau jeruk manis.
8.      Menjaga Kesehatan Kulit
Kesehatan kulit dapat dijaga dengan sering mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E. Buah duku juga memiliki kandungan vitamin E sehingga efektif untuk menjaga kesehatan kulit seperti :
·         mencegah penuaan dini
·         menghaluskan serta melembutkan kulit
·         menjaga kelembaban kulit
·         menjaga kulit dari sinar UV
·         Membantu penyembuhan luka
9.      Mengendalikan Kadar Kolesterol
Metabolisme kolesterol pada tubuh akan menjadi asam empedu. Bagi penderita penyakit kolesterol, hal ini dapat dibantu dengan sering mengkonsumsi buah duku.
10.  Mengatasi Diare dan Demam
Buah duku berkhasiat secara efektif dapat mengobati diare dan juga bermanfaat untuk menurunkan panas atau demam tinggi.
11.  Mengusir Nyamuk
Selain buahnya yang kaya manfaat, ternyata kulit buah duku juga mempunyai manfaat sebagai pengusir nyamuk atau serangga seperti  daun salam. Caranya mudah, yaitu dengan membakar kulit buah duku ketika akan digunakan sebagai pengusir nyamuk atau serangga.
12.  Pengobatan Masalah Kesehatan Kulit
Buah duku tidak hanya berkhasiat untuk kesehatan, tapi juga bermanfaat untuk kulit seperti mengatasi jerawat, menghaluskan kulit, hingga mengobati gatal-gatal akibat gigitan serangga. Caranya yaitu hanya dengan menggosokkan kulit buah duku ke wajah yang berjerawat atau kulit yang gatal-gatal.
Itulah manfaat buah duku bagi kesehatan kita. Jadi sudah tidak alasan lagi untuk tidak mengkonsumsi buah yang satu ini.

Artikel Terkait