Manfaat Cumi-Cumi Bagi Tubuh Kita





Cumi-Cumi merupakan salah satu biota laut yang berasal dari keluarga Loliginidae yang sangat mudah untuk kita jumpai di negara kita Indonesia. Hewan laut ini sangat mudah ditangkap di malam hari dengan menggunakan media lampu patromak sebagai alat yang digunakan untuk menarik perhatian hewan ini karen pada umumnya hewan ini sangat tertarik dengan cahaya dimalam hari.
Hewan laut ini merupakan salah satu hewan yang sangat digemari dan dikonsumsi oleh sebagian besar masayarakat kita. Khususnya para penggemar masakan laut atau sea food pasti sudah tidak asing lagi dengan masakan olahan hewan ini. Pada umumnya cumi-cumi dapat dijual dengan dua cara yaitu segar dan kering atau asin, selain lezat dan banyak pengemar dari olahan ini cumi-cumi juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan tubuh kita, penjelasanya akan dibahas pada bagian ini yaitu:
1.      Memiliki banyak kandungan gizi
Kandungan gizi yang terdapat disatu ekor cumi-cumi cukup tinggi yaitu berkisar antara 17,9 g/100 g cumi-cumi segar. Jika dibandingkan dengan hewan laut lainya cumi-cumi juga memiliki kelebihan berupa hewan ini tidak memiliki tulang belakang dikarenakan sebab itu maka cumi-cumi dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh selain itu cumi-cumi juga kaya akan asam amino esensial yang sangat baik bagi tubuh kita.
2.      Pertumbuhan Kerangka Tulang
Cumi-cumi mengandung banyak sekali mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seperti natrium, kalium, fosfor, kalsium dan magnesium yang cukup tinggi, Mineral-mineral ini berguna untuk pertumbuhan kerangka tulang. Mineral ini sangat berguna khususnya bagi pertumbuhan anak-anak untuk menghindari proses osteoprosis dihari tua nanti. Selain mengandung banyak mineral yang baik bagi tubuh manusia cumi-cumi juga banyak vitamin seperti vitamin B1, B2 dan B12 serta vitamin yang dapat larut dalam lemak (A,D,E,K).
3.      Dapat mengontrol kolestreol dalm darah
Kadar lemak yang terdapat didalam tubuh cumi-cumi dapat dikatakan cukup rendah hanya sekitar 7,5g/100g daging cumi-cumi, yang masing-masing terdiri dari 9 gram asam lemak jenuh, 2,7 gram asam lemak tidak jenuh tunggal, dan 2,1 gram asam lemak tidak jenuh ganda. Asam lemak tidak jenuh ganda dapat disebut juga sebagi omega 3 yang mempunyai fungsi unutuk mengontrol kolesterol dalam darah.
4.      Obat kangker
Para peneliti baru-baru ini menemukan bahwa tinta cumi-cumi dapat mengobat penderita penyakit kangker. Dugaan tinta cumi-cumi dapat menyembuhkan penyakit kangker ini masih diteliti lebih lanjut oleh para ilmuan untuk membuktian kebenaranya. Dalam tinta cumi terdapat sebuah sel makrofag atau sel pemangsa raksasa yang berfungsi untuk menambah daya tahan tubuh yang ada disekitar sel tumor. Namun angapan ini harus dikaji lebih dalam untuk menemukan kebenaran dari penelitian tersebut.
5.      Pembentukan Sel darah merah
Dalam daging cumi-cumi banyak terkandung bermacam-macam mineral dan proten yang baik bagi tubuh seperti Omega-3, protein, vitamin B, iodium dan berbagai mineral. Kandungan tembaga pada cumi-cumi baik untuk pembentukan sel darah merah.
6.      Menghilangkan Bekas Cacar
Terdapat bekas luka atau cacar sangat menggangu penampilan terutama bagi kalangan wanita. Tahukan anda bahwa dengan cumi-cumi hal ini dapat diatasi berikut penjelasanya awalnya jemur terlebih dahulu cumi-cumi yang masih segar dibawah terik matahari hingga kering lalu bersihkan cumi-cumi itu, Setelah dijemur dan dicuci bersih lalu tumbuk cumi-cumi tersebut hingga halus dan dapat diayak sampai halus setelah itu baru lah hasil dari ayakan tadi dapat digunakan untuk menutupi bekas luka maupun cacar yang ada ditubuh.

Artikel Terkait