Manfaat Teh Bagi Kesehatan



Jenis-jenis teh dan manfaatnya bagi kesehatan

Teh merupakan sebuah tanaman dengan nama latin camelia sinesis. Sama halnya dengan kopi, Teh adalah salah satu tanman yang memilki kandungan kafein didalmnya. Teh sendiri awalnya ditemukan oleh bangsa Cina sekitar tahun 5000 tahun yang lalu atau sekitar abad ke 8 sebelum masehi. Awalnya teh merupakan salah satu teknik pengobatan yang diterepkan di negara cina, namun menurut legenda pada zaman kaisar Shen Nung, teh mulai di konsumsi hal ini merupakan sebuah penemuan yang dapat dikatakan tidak sengaja dari sang kaisar itu ketika ia akan minum air mendidih dan menemukan beberapa daun dari pohon yang menjuntai karena tertiup angin dan jatuh ke panci berisi air rebusan yang tak menyerupai air tersebut. Sang Kaisar ingin tahu dan memutuskan untuk mencicipi air rebusan yang tak menyerupai minuman tersebut. Kaisar pun merasakan air itu sedap dan menyihatkan tubuh.
Teh merupakan salah satu minuman yang cukup digemari oleh bangsa kita dan terkenal akan khasiatnya. Teh merupakan salah satu tanaman yang dapat dijadikan bahan dasar minuman. Minuman teh sendiri berasal dari daun atau pucuk pokok renek Camellia sinensis atau Camellia thea di dalam air panas dan sejuk, melalui cara rendaman atau campuran. Cara pemprosesan melibatkan pengoksidaan, pemanasan dan pengeringan.
Teh dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, diseduh dengan air panas atau ditambah dengan es, sama nikmatnya. Bahkan ada jenis daun teh yang dapat dimakan. Bila dibandingkan dengan jenis minuman lain, teh ternyata lebih banyak manfaatnya. Minuman ini bisa mencegah atau membantu penyembuhan penyakit ringan sejenis influenza hingga yang berat macam kanker. Jenis tehnya juga bisa dipilih menurut selera masing-masing. Bila dibandingkan dengan jenis minuman lain, teh ternyata lebih banyak manfaatnya, yaitu:
1.      Anti Stres dan Anti kecemasan :
Teh bunga secara alami kaya akan Chrysin flavon, yang dikenal akan manfaat anti kecemasan. Teh ini sangat ideal bagi yang rentan terhadap stres, insomnia, dan gangguan kecemasan umum. Minum secangkir pasion flower tea setiap hari sebelum tidur untuk menenangkan pikiran. Sementara Teh hitam bisa mengurangi kadar hormon stres dalam tubuh, serta menurunkan tekanan darah sistolik – membuat hidup bebas stres.
2.      Mencegah Berat Badan berlebih :
Para peneliti menemukan bahwa teh mengandung polifenol. Bersama dengan kafein akan meningkatkan pengeluaran energi dan oksidasi lemak, sehingga pada akhirnya membantu menurunkan berat badan. Teh oolong tanpa gula adalah salah satu minuman terbaik untuk menurunkan berat badan. Teh mengandung senyawa yang disebut mateine, yang meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu menurunkan berat badan. Teh hijau juga sangat dikenal akan manfaatnya untuk menurukan berat, yaitu dengan cara meningkatkan metabolisme.
3.      Efek Merampingkan pinggang :
Beberapa studi menunjukkan bahwa minum teh oolong bisa menyebabkan penurunan berat badan dan mengecilkan ukuran pinggang. Teh Oolong mengandung katekin dan kafein, yang akan memicu pembakaran  dan meningkatkan metabolisme lemak hingga 2 jam. Teh oolong juga mengandung polifenol, yang membantu untuk membatasi enzim pembangun lemak, sehingga bisa membuat perut menjadi ramping. Teh Jasmine adalah pilihan teh lain bagi yang menginginkan pinggang bagus.
4.      Anti Ageing :
Teh putih mengandung antioksidan kuat seperti polifenol dan ECGC, yang bermanfaat untuk menghambat tanda-tanda penuaan seperti noda hitam dan garis-garis halus. Hal ini karena senyawa polifenol dan ECGC akan memperkuat elastin dan kolagen, sehingga akan menghambat kerutan.
5.      Melindungi kesehatan liver :
Radikal bebas dan peradangan bisa menyebabkan kerusakan liver akut dan penyakit. Katekin dalam teh hijau akan menekan dan bisa mencegah keparahan pada cedera liver.


6.      Mencegah Kanker :
EGCG dalam teh putih dan teh hijau bisa membantu seorang melawan kanker secara efektif. Polifenol tinggi dalam teh bisa menghambat perkembangan kanker tertentu, termasuk lambung, kanker usus besar, kanker pay*dara, liver, prostat, dan kulit. Konsumsi rutin teh hijau dipercaya bisa mengimbangi efek buruk dari mer*kok, dengan cara menurunkan risiko timbulnya kanker paru-paru. Teh hitam juga mengandung EGCG, namun konsentrasinya lebih rendah dari teh hijau dan putih. Wanita yang minum teh hijau secara rutin memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena kanker pay*dara, jika dibandingkan dengan wanita yang minum bukan teh hijau.
7.      Meningkatkan Kesehatan Gigi :
Teh putih mengandung tinggi kalsium dan fluoride, yaitu dua nutrisi penting untuk kesehatan gigi dan gusi. Teh hitam kaya akan polifenol, yang akan membantu untuk menyembuhkan penyakit gusi, mencegah plak, dan bau mulut. Hal ini karena Polifenol dalam teh hitam akan menghambat pertumbuhan enzim bakteri dalam mulut.
8.      Baik Untuk Penderita diabetes :
Mengkonsumsi teh hijau rutin akan menjaga kadar gula darah pada tingkat yang moderat. Polisakarida dalam teh bisa menghambat penyerapan glukosa oleh tubuh, sehingga mencegah diabetes.
9.      Meringankan Sakit kepala :
Teh jahe bisa menghambat kimia yang menyebabkan pembengkakan di otak, yang menimbulkan rasa sakit kepala. Teh jahe bisa mengurangi peradangan dengan cara yang sama seperti aspirin. Minumlah teh jahe pada saat Anda baru merasakan sakit kepala, sehingga rasa sakit tidak berlanjut.
10.  Anti alergi :
Teh hijau memiliki sifat antihistamin yang dapat digunakan untuk meredakan dan mencegah serangan alergi dan demam. Antioksidan dalam teh hijau akan menghambat proses biokimia yang  ikut menghasilkan respon alergi.
11.  Sembelit :
Minum teh daun peppermint dua kali sehari baik untuk meringankan sembelit . Hal ini akan mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam usus, sehingga akan memperlancar buang air besar.


12.  Menjaga keseimbangan cairan :
Teh juga membantu  menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, dan memastikan energi agar merata pada seluruh organ tubuh. Keseimbangan cairan yang sehat akan memastikan kita untuk memiliki energi yang banyak dan stamina yang baik untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari.
13.  Meningkatkan Kesehatan Kulit :
Sifat antibakteri dan anti inflamasi teh hijau akan mematikan bakteri, meredakan pembengkakan dan kemerahan pada jerawat. Senyawa EGCG dan polifenol dalam teh hijau akan melindungi kulit kita dari radiasi ultraviolet dan  mencegah kanker kulit. Hal ini juga mencegah radikal bebas dan mencegah kerusakan sel, sehingga akan membuat kulit terlihat lebih muda.
14.  Diuretik alami :
Mengonsumsi teh secara rutin dikenal bisa menurunkan risiko mengembangkan batu ginjal sebesar 8 % . Teh bersifat diuretik, yang merangsang aliran urin, sehingga mencegah pembentukan batu ginjal.
15.  Kaya Antioksidan :
Beberapa varietas teh mengandung antioksidan dalam jumlah yang tinggi, yang akan melindungi tubuh dari efek polusi dan penyakit lainnya. Antioksidan membantu melawan radikal bebas akibat polusi lingkungan. Radikal bebas dalam sel-sel tubuh yang sangat tidak stabil dan cenderung bereaksi negatif dengan DNA , menyebabkan kerusakan sel .
16.  Menjaga Tekanan Darah :
Teh hitam bisa mengurangi tekanan darah dan menetralkan efek buruk makanan yang tinggi lemak pada arteri. Mengonsumsi rutin teh putih akan menurunkan kolesterol buruk (LDL),  dan mendorong pengingkatan kolesterol baik dalam tubuh. Minum setengah cangkir teh oolong setiap hari bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi hampir 50 %.
17.  Kesehatan Tulang :
Nutrisi dan polifenol dalam teh bisa meningkatkan kualitas tulang, sehingga menurunkan risiko yang terkait dengan osteoporosis. Teh hijau telah ditemukan bisa meningkatkan kepadatan mineral tulang pada pria dan wanita. Katekin dalam teh hijau juga sangat bermanfaat bagi penderita arthritis, karena bisa mengurangi peradangan dan memperlambat kerusakan tulang rawan  –  mencegah rheumatoid arthritis.

18.  Kesehatan mata:
Tingginya kandungan antioksidan dalam teh hijau juga mempengaruhi jaringan mata secara positif, termasuk retina mata. Hal ini akan mengurangi stres oksidatif pada dan mencegah degenerasi makula.
19.  Meningkatkan Metabolisme :
Senyawa Katekin dalam teh hijau sangat bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme selama hampir 24 jam. Teh juga meningkatkan ketahanan tubuh saat bekerja keras atau berolahraga, karena ketekin dalam teh hijau meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak sebagai bahan bakar dan meningkatkan daya tahan otot
Itulah manfaat minum teh untuk kesehatan, memang sangat baik rutin mengkonsumsi teh setiap hari selain nikmat untuk dikonsumsi juga memberi manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Artikel Terkait