Mengatasi Windows tidak bisa Booting karena NTLDR is Missing dan Cara untuk mengatasinya




NTLDR (abbreviation of NT Loader) adalah program yang diambil dari boot sektor harddisk yang digunakan untuk menampilkan Microsoft Windows Startup menu dan membantu beban Microsoft Windows. Masalah ini biasanya terjadi pada sistem oprasi sekelas Windows XP hingga Windows Server 2003 yang sangat jarang ditemui pada zaman ini hal ini disebabkan karena para pengguna komputer sekarang telah beralaih menggunakan sistem opreasi yang lebih modern semisal Windows 7 dan 8.
Tetapi bila ditinjau dari segi penggua masih cukup banyak pengguna komputer yang menggunakan Sistem Operasi sekelas Windows XP hal ini disebabkan karena Windows XP sangat mudah digunakan oleh hampir semua kalanagan (User Friendly). Tetapi Windows ini sering mengalami permasalahaan seperti berikut “NTLDR is missing”, Permasalah ini sering terjadi dalam proses Booting komputer atau saat kita akan menghidupkan PC atau Laptop biasanya tertulis pada layar komputer saat kita menghidupkanya.
NTLDR is missing press Ctrl Alt Del to restart, Ini adalah pesan yang sering muncul pada windows yang menyebabkan sebuah sistem oprasi windows tidak dapat booting dan log on. Adapaun pesan serupa seperti “NTLDR is missing press any key to restart, atau Couldn't find NTLDR Please insert another disk, Jika kita mememukan pesan seperti itu saat kita melakuakan booting komputer dapat dipastikan kita tidak dapat masuk ke Windows bahkan kedalam safe mode sekalipun.
 Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab terjadinya permasalahan diatas, seperti:

1.      Komputer booting tidak menggunakan bootable disk.
Pada saat melakukan booting komputer mencoba untuk mengakses perangkat atau divace yang berisi bootable disk, Seperti harddisk yang berisi sistem opresi atau removable disk yang bootable. Karena yang diakses bukan bootable disk, maka bisa berakibat windows tidak bisa booting ditandai dengan gambar pesan seperti diatas.
2.      Pengaturan boot device di BIOS/CMOS tidak mengarah pada harddisk
Penyebab ini masih berhubugan dengan permasalahan yang terjadi pada diatas, Cara mengatasainya coba dengan melakaukan pengaturan ulang di booting bios atau cmos komputer dengan melakuan penyetinggan firstboot device pada harddisk yang terdapat system operasi windowsnya.
3.      Adanya Masalah pada USB keyboard
4.      Masalah yang terdapat dikabel IDE atau SATA yang tidak tepat atau longgar
Coba melakukan pengecekan pada kabel SATA atau IDE yang terdapat dihardisk, Jika longgar coba lepaskan kabel itu dan pasang kembali dengan tepat atau dapat mengganti kabel tersebut dengan kabel yang baru.
5.      File NTLDR dan atau NTDETECT.COM tercorrupt
Permasalahan ini terjadi karena ada salah satu bagian dari windows yang terhapus yaitu file NTLDR, baik sengaja maupun tidak disengaja, hilangnya komponen Windows ini juga biasa disebabkan karena virus yang menginfeksi file tersebut, sehingga terditeksi oleh antivirus sebagai virus komputer, Sehingga filenya terhapus. Dalam keadaan tersebut tidak terjadi apa-apa pada Windowsnya, tapi setelah system di shutdown atau restart, maka akan tampil pesan seperti gambar dibawah.
Gambar NTLDR is missing CTRL+Alt+Del to restart
Gambar NTLDR is missing CTRL+Alt+Del to restart




Penjelasan diatas tadi merupakan penyebab yang menjadi permasalahan hilangnya file NTLDR yang hilang didalam Windows. Pada langkah berikutnya saya akan mencoba uuntuk menjelaskan cara mengatasinya dengan mengikuti poin-point penyebabnya, dengan cara yaitu:
1.      Masuk Ke dalam Konfigurasi Windows, Coba atur ulang settingan Biosnya sesuai pada saat kita melakukan installasi sistem oprasi yang kita gunakan, Contohnya sistem bios pada windows XP dengan tampilan seperti berikut:
Gambar konfigurasi BIOS windows xp

2.      Setelah muncul layar starting Windows Xp, maka akan muncul tiga pesan atau perintah pilihan yaitu:
a.     Enter –> Install Ulang Windows XP
b.    R –> Repair / Memperbaiki Windows XP nya apabila terjadi error atau lain sebagainya.
c.     F3 –> keluar proses installasi
Pada tahap ini kita dapat memilih pilihan yang sangat mudah atau dengan kata lain kita tidak perlu melakukan proses install ulang komputer anda, tetapi dengan memilih pilihan B yaitu melakukan proses Repair Osnya saja.
3.      Setelah menekan tombol R, maka akan muncul tampil Repair Windows XP dengan tampilan Console (Command Prompt). Langkah awalnya adalah tekan tombol 1 kemudian ikuti dengan menekan tombol Enter. Kemudian Windows akan meminta password Administrator dari pada Windows Xpnya. Jika anda tidak ada pasport nya, kosongkan saja. 
4.      Cek lah di masing-masing drive yang terbaca pada system di komputernya. C, D, atau E. Nah untuk system yang saya pakai, Optical Drive yang berisi kaset Installasi Windows XP nya ada pada drive E.
5.      Kemudian copy file NTDLR yang ada pada CD Windows XP nya dan tepatnya di folder i386 ke drive C: , dan file ntdetect.com pada lokasi yang sama. Dengan mengetikkan perintah seperti pada gambar di bawah ini. Setelah kedua file tersebut tercopy, maka ketikkan perintah exit untuk keluar dari proses repair tersebut.
folder i386 ke drive C

Artikel Terkait