Mengenal Aplikasi Accurate






Apliksai accurate mungkin untuk sebagian orang masih terdengar asing di telingga tetapi siapa yang menyangka bahwa aplikasi ini buatan adalah anak bangsa sendiri. Accurate merupakan sebauah software yang menunjang untuk kegiatan akutansi atau pembukuan sebuah perusahaan baik sekala nasional maupun individu. Accurate merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh anak bangsa yang berdiri dibawah perusahaan  PT. Cipta Piranti Sejahtera atau lebih dikenal dengan sebuatan CPS Soft yang berlokasi di Jakarta yang merupakan aplikasi yang pertama kali dikembangkan oleh perusahan itu. Dalam prinsip pengembanganya perusahaan ini menggunakan prinsip 3 M yaitu murah, masal dan manfaat.
Aplikasi ini sekarang sudah memiliki 4 versi dalam pengembanganya, yang dimana versi pertama diluncurkan pada November 1999 di sebuah pameran teknologi dan komputer terbesar di Indonesia yaitu  Indocomtech 1999 yang diselenggarakan JHCC, Jakarta. Pada saat itu versi awal yang diluncurkan untuk aplikasi ini adalah Accurate2000 Accounting Software. Dimana aplikasi tersebuat sudah di gunakan oleh Y2K Ready oleh seab itu accurate menggunakan angka 2000 dibelakang nama software tersebut yang dimana menjadi target utama pemasaranya adalah kalangan pengusaha kecil hingga menengah yang masih terganggu dengan millennium bug tapi belum menemukan solusi yang tepat, karena pada waktu, software ini dapat dikatakan mahal harganya dan cenderung belum terjangkau oleh para pengusaha kecil dan menengah.
Pada saat pelaksanan pameran tersebut CPSSoft mendapat banyak sekali masukan yang sangat berharga baik dari user ataupun calon user untuk perusahaan tersebut, berkat masukan tersebut hingga melakukan penyesuaian dengan dunia bisnis di Indonesia, accurate dapat berkembang cukup baik. Hingga saat ini accurate sudah memiliki 4 versi dalam perkembanganya dan tentu saja perkembangan accurate hingga versi ke 4 ini memberikan banyak kemudahan bagi user atau pelanggan yang menggunakan aplikasi ini dalam menerapkan aplikasi akutansi ini.

1.    Versi Accurate
Sistem ini adalah sistem yang dibuat oleh  CPSSoft diperuntukan bagi (UKM) usaha kecil Menengah. dibagi dalam tiga versi yaitu:
·         Accurate SE (Standar Edition)
Cocok untuk perusahaan skala kecil seperti jasa dan dagang yang  hanya cukup menghasilkan laporan  keungan standar,tanpa perlu laporan keungan perproyek atau perdepartment.
·         Accurate DE ( Deluxe Edition)
Merupakan perpaduan dari beberapa modul standar ditambah dengan fungsi  berupa pengisian proyek dan departemen.
·         Accurate EE( Enterprice Edition)
Cocok untuk perusahaan manufacturing kerna sudah dilengkapi dengan (Bill of material,Production Order,Production Activity,finished production activty dan bahkan dapat mengetahui selisih antara Bill of material Budged dengan Production Activity.

2.    Software Paket
Pertama kali dibuatnya accurate menitik beratkan pada pembuatan software paket. Dikarenakan software paket memiliki keunggulan yaitu  harga bisa relatif murah dikarenakan banyak penggunanya yang rata-rata hanya pengusaha kecil hingga menengah saja. Dan jika dibandingkan dengan perusahan besar perusahan seperti itu pasti tidak akan sanggup untuk membayar biaya mulai dari pembuatan hingga pengimplementasian aplikasi yang di inginkan. Oleh sebab itu accurate mencoba untuk memberikan alternatif untuk perusahaan kecil dan menengah.
Dikarenakan hal tersebut accurate mencoba untuk memberikan solusi untuk para pengusaha kecil dan menengah untuk mempunya sistem tersendiri diperusahaanya. Ada beberapa modul yang disiapkan oleh accurate yang dikemas dala satu paket yaitu:
a.       Sales/Account Receivable, meliputi:
Sales Order, Delivery Order, Sales Invoice, Sales Return, Customer Receipts
b.      Purchase/Account Payable meliputi:
Purchase Order, Receive Item, Purchase Invoice, Purchase Return, Vendor Payment
c.       Item & Inventory meliputi:
Item, Warehouse, Inventory Adjustment, Item Price Adjustment, Grouping, Item Transfer, dan Job Costing.
d.      General Ledger meliputi:
Company Information, Company Preference, Journal Voucher, General Ledger
e.       Cash & Bank meliputi:
Other Deposit, Other Payments, Bank Transfer, Reconcile, Bank Book
f.       Fixed Asset meliputi:
Fiscal Fixed Asset Type, Fixed Assets Types, Fixed Asset List.
g.      Manufacturing (untuk ACCURATE 3 Edisi Enterprise) meliputi:
Item Standart Cost, Standart Convension Cost, Bill Of Material, Work Order, Work Order Execution, Material Release, Material Adjustment, Product And Material Result, Cancel Production.

3.    Keunggulan Accurate
Hampir semua software komputer akutansi mempunyai karakteristik dan prosedur yag sama, karena yag dibuat berdasarkan hal yang sama yaitu kegiatan dan transaksi perusahaan menghasilkan laporan keuangan perusahaan. Berikut ini adalah kelebihan dari ACCURATE Accounting Software sebagai software akuntansi dibandingkan dengan software akuntansi lainnya, sebagai berikut:
1.      Client Server Technology
2.      Multi User dengan tiga tingkat kewenangan yaitu Create, Edit dan Report
3.      Multi Currency dengan menghitung otomatis realize & unrealized gain/loss
4.      Multi Unit dengan tiga tingkat perhitungan unit setiap barang
5.      Multi Warehouse (Banyak Gudang)
6.      Multi Discount (Discount Item, Discount Invoice, dan Discount Payments)
7.      Project & Department ( versi Deluxe Edition dan Enterprise Edition)
8.      Real Time Processing dengan Backward & Forward Transaction
9.      Fungsi pilihan tampilan menu dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris
10.  Perubahan Desain template setiap voucher dan invoice
11.  Report yang dapat dicustomize (designer) sendiri oleh user jika memahami proses report dengan Fast Report.
12.  Digit transaksi sampai dengan 15 digit dan dua decimal 920 trilliun (920.000.000.000.000,00).
13.  Keakuratan perhitungan kuantitas barang sampai dengan 4 desimal.
14.  Bisa custom financial statement dengan berbagai macam pengelompokan untuk tipe Balance Sheet dan Income Statement.
15.  Fasilititas Grouping di dalam item yaitu mengelompokkan beberapa barang dalam satu kelompok barang baru dengan tanpa proses penggabungan.
16.  Fasilitas Job Costing yaitu mengelompokkan barang dalam satu kelompok barang baru dengan proses penggabungan dan dengan nilai cost yang baru.
17.  Fitur Extract Import yang memungkinkan Anda mengekstrak transaksi penjualan dari perusahaan cabang untuk dikirimkan ke perusahaan pusat.

Artikel Terkait