Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan dimasa depan



Pentingnya Pendidikan


Pendidikan adalah suatu proses yang didalamnya kita mengenal dan belajar berbagai hal dan bertujuan agar kita dapat mengetahui hal-hal yang ada di sekitar kita dan  Pendidikan secara umum mempunyai arti suatu proses kehidupan dalam mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupan. Berbicara tentang pendidikan pasti semua akan setuju dan beranggapan bahwa pendidikan merupakan sebuah modal berharga untuk menyongsong masa depan yang lebih cerah dan merupakan salah satu hak asasi manusia.
Dengan menyelesaikan pendidikan baik hingga bangku SMU atau pun Kuliah merupakan sebuah modal yang sangat berharga bagi kita uuntuk dapat bersaing didalam zaman yang terkenal sebagai zaman moderenisasi dan akan sangat berguna untuk merealisasikan impian dan cita-cita yang kita inginkan selama ini.
Menuntut ilmu itu tidak ada batasan usia atau dapat dikatakan selama kita hidup merupakan sebuah proses pendidikan baik di dalam lingkungan keluarga, masyarakat atau dimanapun kita berada. Di dalam pendidikan banyak sekali hal yang kita dapatkan, Tetapi entah mengapa masih banyak warga di Indonesia ini yang tidak mementingkan pendidikann sebagaimana mestinya, bukan hanya di daerah-daerah terpencil saja bahkan dikota-kota besar sekalipun banyak sekali anak-anak yang tidak mendapatkan pendidikan yang semestinya masih mereka peroleh. Dan sepertinya kesadaran mereka tetang pentingnya pendidikan untuk putra dan putri mereka harus ditingkatkan.
Sebagaimana yang diungkapkan Daoed Joesoef tentang pentingnya pendidikan : “Pendidikan merupakan segala bidang penghidupan, dalam memilih dan membina hidup yang baik, yang sesuai dengan martabat manusia”, dari pernyataan tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa lepas dari kehidupan.
Menjadi bangsa yang maju dan kuat merupakan sebauh cita-cita yang ingin dicapai oleh setiap negara di dunia. Pendidikan merupakan salah satu faktor yang dapat menjadi tolak ukur sebuah negara dapat dikatakan maju atau tidaknya. karna seperti yang kita ketahui bahwa suatu Pendidikan tentunya akan mencetak Sumber Daya Manusia yang berkualitas baik dari segi spritual, intelegensi dan skill dan pendidikan merupakan proses mencetak generasi penerus bangsa. Apabila output dari proses pendidikan ini gagal maka sulit dibayangkan bagaimana dapat mencapai kemajuan.
Pendidikan harus ditempatkan sebagai kebutuhan pokok atau setara dengan kebutuhan pokok, Oleh seabab itu peningkatan mutu pendidikan juga berpengaruh terhadap perkembangan suatu bangsa. Dapat kita ambil contoh Amerika, Jepang, Malaysia dan Singapura negara mereka dikatakan maju karena pemerintah sangat menghargai pendidikan dan mereka pun rela untuk mengeluarkan dana yang sangat besar untuk membangung fasilitas pendidikan di negara mereka masing-masing dan bukan hanya menjadi alat politik saja. Bayangkan jika mereka tidak peduli tentang pentingnya pendidikan apakah mereka dapat menjadi negara yang kuat seperti sekarang ini dan takkan bisa jadi seperti sekarang ini apabila pendidikan mereka setarap dengan kita.

1.    Pentingnya pendidikan bagi kehidupan dimasa depan
Pendidikan itu penting tapi sangat jarang orang mengetahui secara spesifik pentingnya pendidikan. Pendidikan dianggap penting karena dapat menjadi bekal untuk memperoleh pekerjaan yang layak. Padahal tujuan pendidikan tidak seperti itu, pendidikan penting karena ingin memanusiakan manusia sesuai dengan teori pendidikan. Dalam tingkatan tertentu, dengan pendidikan juga mengasah kemampuan dan ketraplilan kita dalam menghadapi masalah dan menyelesikanya dengan cara yang cepat dan tepat. Itulah fungsi pendidkkan yang seharusnya kita fahami. Jadi kalau ada yang bilang bahwa fungsi pendidikan adalah untuk mendapat pekerjaan tentu ini salah kaprah. Mendapat pekrjaan adalah hanya salah satu dari fungsi atau nilai dari sebuah proses pendidikan tersebut.
Mungkin sekarang sedikit demi sedikit kita mengetahui pentingnya sebuah pendidikan bukan hanya untuk menunjang kehidupan kita sehari-hari melainkan kita dapat paham dan mengetahui cara untuk menghargai dan bergaul dengan orang-orang yang ada disekitar kita, setelah kita mengetahui dan memahami pentingnya pendidikan harapan saya adalah:
1.      Pemerintah harus meningkatkan kualitas pendidikan warga negaranya.
2.      Masayarakat harus lebih mengenal pentingnya pendidikan formal dan informal. 
3.      Generasi muda harus lebih kreatif dan imajinatif dalam mengembangkan ilmu sehingga mampu mengahadapi persaingan.
4.      Generasi muda harus sadar bahwa di masa depan harus memiliki bekal pendidikan baik itu informal maupun formal sehingga bangsa Indonesia tidak tertinggal oleh bangsa lain.
Oleh seabab itu pendidikan dapat dikatakan sebagai sebuah kebutuhan primer bagi kita semua karena dengan memperoleh pendidikan kita dapat mencoba untuk memperbaiki taraf kehidupan kita dengan layak, selain itu dengan pendidikan kita dapat menjadi seorang yang dapat berguna baik bagi keluarga bahkan negara sekali pun. Dengan peran aktif pemerintah dan juga masyarakat tentu akan dapat membangun bangsa menjadi bangsa yang kuat diberbagai segi pemerintahan dimasa yang akan datang.

Artikel Terkait