Tip untuk Membuat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar



Setelah selesai menyelesaikan pendidikan baik dibangku SMU maupun dibangku perkuliah. Setiap orang pasti akan dituntut untuk masuk kedalam dunia pekerjaan hal ini dimaksudkan untuk mengimplementasikan atau menerapkan ilmu yang didapat selama ini dan mengembangkan potensi diri yang dimiliki oleh kita sendiri. Selain itu juga dengan bekerja menjadi sebuah jaminan untuk kelangsungan kehidupan.
Surat lamaran kerja adalah surat yang berisi permohonan yang ditulis atau di ketik oleh pelamar sendiri yang bertujuan untuk melamar sebuah pekerjaan baik di instansi pemerintaan, BUMN hingga perusahaan swasta.
Sebagai modal awal untuk memasuki sebuah pekerjaan biasanya ada proses perrekrutaan karyawan hal ini dimakasudkan untuk mendapatkan seorang pegawai yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Didalam proses melamar kerja tersebut pasti kita dituntut untuk membuat sebuah surat lamaran pekerjaan yang diinginkan atau dituju.
Biasanya membuat surat lamaran merupakan kesulitan tersendiri bagi sebagian orang apalagi bagi seorang yang belum memiliki pengalaman didalam duni pekerjaan. Berikut ini merupakan contoh surat lamaran kerja yang baik untuk referensi surat lamaran yang Akan dibuat, saat ini saya akan mencoba membagikan mengenai hal-hal yang harus dimuat dalam surat lamaran kerja sebagai pegangan atau referensi bagi anda dalam menulis surat lamaran yang akan dilakukan agar tidak membuat dan mencontoh surat lamaran yang salah. Untuk beberapa hal yang harus dimuat dalam surat lamaran kerja, Berikut penjelasannya, yaitu:
·         Penerima surat akan merasa bahwa Anda benar-benar serius. Bila tidak sempat mengetahui namanya, boleh Anda tuliskan jabtannya saja. Hindari penulisan alamat atau orang yang Anda tuju denga kata ditempat, tulis dengan jelas alamat perusahaan tersebut jika ingin dihargai oleh pihak perekrut, akan lebih baik lagi jika Anda mengetahu nama dari pihak perusahaan yang menerima surat lamatan Anda.
·         Menjelaskan Maksud Dan asal informasi yang didapat Pada paragraf pertama Anda tuliskan dari mana informasi lowongan tersebut Anda dapatkan secara lengkap, dan tuliskan maksud dari surat lamaran tersebut dengan jelas. Ini berguna agar pihak perushaan tidak bertanya-tanya mengenai hal ini dan bisa mngerti maksud dari surat lamarn yang Anda berikan.
·         Perkenalkan Diri dengan singkat
Dalam surat lamaran ini, Anda akan emnuliskan bodata diri Anda, tuliskan dengan singkat penjelasan identitas Anda, cukup dengan menuliskan nama, tempat tanggal lahir, pendidikan terakhir, jenis kelamin, alamat, telepon dan status Anda.
·         Informasi Menarik
Setelah menuliskan biodata diri secara singkat, tulis informasi yang menarik perhatian perusahaan terhadap anda dengan menuliskan kelebihan yang Anda miliki untuk pekerjaan tersebut. Baik iu dari potensi, pengalaman atau dari latar belakang pendidikan serta prestasi yang pernah Anda raih. Tuliskan secara singkat dan jelas.
·         Lampiran
Fungsi lampiran disini yaitu sebagai penjelas dari informasi diri pelamar, untuk lampiran berupa data bentu foto copy biasa yang dilampirkan yaitu KTP, Surat keterangan sehat, SKCK, Ijazah, daftar riwayat hidup srta sertifikat lain yang Anda miliki dan dokumen lain yang diminta perusahaan.
·         Tuliskan Harapan Rasa ingin Bekerja
Diakhir paragraf tuliskan harapan dan keinginan Anda untuk bergabung dengan perusahaan, yakinkan mereka bahwa Anda bernar-benar ingin bergabung bekerja. Dan janagn lupa untuk ucapkan terima kasih diakhir.
Saya menyarankan dalam membuat surat lamaran hendaklah padat dan jelas supaya akan cepat diterima setiap perusahaan, karena perusahaan akan melihat poin pentingnya saja daripada harus membaca tulisan yang bertele-tele. Itulah beberapa hal yang harus dimuat dalam surat lamaran kerja, bila surat lamaran yang Anda buat ingin menjadi surat lamaran yang baik, tuliskan beberapa poin tersebut dalam surat lamaran kerja Anda.  

Artikel Terkait