Cara Mengatasi Mata Ikan atau Kapalan

Cara Mengatasi Mata Ikan atau Kapalan. Mata ikan yang dalam istilah medis disebut dengan Clavus atau dalam bahasa gaulnya adalah kapalan adalah suatu kondisi dimana terjadi penebalan kulit akibat gesekan atau tekanan secara berkala. Dan penebalan tersebut biasanya terdapat pada telapak tangan dan telapak kaki. Dalam beberapa kondisi, penebalan ini dapat menjadi luka, karena gesekan terus menerus atau adanya infeksi bakteri atau jamur yang mengakibatkan nyeri berkepanjangan khususnya pada telapak kaki, meskipun begitu penebalan ini juga bisa terjadi dibagian tubuh manapun. Banyak cara yang dilakukan oleh orang untuk mengatasi mata ikan atau kapalan ini. Walaupun sebenarnya kondisi ini tidaklah berbahaya.

Mata ikan atau penebalan pada kulit dinyatakan bukan kondisi bahaya karena penebalan kulit tersebut
terjadi sebagai upaya pertahanan tubuh (terutama kulit) dari tekanan atau gesekan yang terjadi pada kulit itu sendiri. Tetapi yang perlu kita perhatikan dan waspadai adalah disaat penebalan tersebut terjadi luka yang bisa menjadi sumber infeksi terutama bagi seseorang yang menderita penyakit Diabetes Melitus atau penyakit yang menyebabkan aliran darah tidak lancat (kolesterol tinggi, varises tungkai, dll) itu memerlukan penanganan Dokter.

Pengobatan yang dilakukan pada mata ikan atau kapalan bertujuan untuk mengurangi gejala-gejala seperti nyeri dan rasa tidak nyaman saat berjalan. Dan itu bisa menggunakan obat-obatan anti nyeri dan mengurangi penebalan, tetapi jika obat tidak mnegurangi rasa nyeri pada mata ikan maka perlu dikonsuitasikan ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan sendiri untuk mengatasi dan mencegah terjadinya mata ikan atau kapalan, diantaranya :

  • Jaga kelembabab kulit. Gunakan pelembab pada tangan dan kaki untuk menjaga kulit agar tetap lembab dan halus.
  • Gosok secara rutin. Usahakan saat mandi gosok perlahan mata ikan dengan handuk atau batu apung. Jangan gunakan gunting atau pisau cukur karena dapat menimbulkan infeksi.
  • Gunakan sepatu yang nyaman dan kaus kaki. Usahakan sepatu yang Anda gunakan tidak sempit, terutama dibagian depan karena hal itu bisa memicu munculnya mata ikan.
  • Pepaya juga bisa mengobati mata ikan, caranya yaitu haluskan pepaya lalu oleskan pada mata ikan, diamkan beberapa menit dan lakukan hal ini secara teratur.
  • Bawang putih. Caranya sama dengan pepaya, lumuri mata ikan dengan bawang putih yang sudah dihaluskan lalu diamkan ( kalau perlu diperban ) karena bawang putih bisa membuat mata ikan menjadi lunak.
  • Cara terahir mengatasi mata ikan adalah dengan diberi saleb atau obat tetes khusus mata ikan, Anda membelinya diapotik, tetapi teliti dulu sebelum membeli karena banyak sekali jenis obat kapalan yang beredar.
Itulah beberapa cara mengatasi mata ikan atau kapalan yang mungkin bisa dengan mudah Anda lakukan sendiri dirumah. Dan yang perlu diketahui adalah penyebab munculnya mata ikan pada Anda, Jika karena sepatu yang terlalu sempit maka jangan pakai sepetu tersebut, atau karena alat tertentu sebaiknya untuk sementara jangan digunakan terlebih dahulu jika perlu, hingga mata ikan Anda hilang. Semoga ini bisa sedikit membantu Anda yang sedang mengalami masalah mata ikan.


@@@ Semoga Bermanfaat @@@  

Artikel Terkait