Tips Merawat Rambut Tetap Sehat Meski Berhijab

Tips Merawat Rambut Tetap Sehat Meski Berhijab. Sudah menjadi fenomena saat ini bahwa hijab menjadi salah satu fashion yang memang banyak dilakukan oleh para wanita, entah itu mereka lakukan dengan alasan memang itu suatu kewajiban bagi wanita muslimah atau alasan lainnya. Menurut agama islam sebagai seorang muslimah memang sudah selayaknya bahkan diwajibkan memakai jilbab, yang artinya kita harus menutup rambut kita rapat-rapat. Dan itu tentu saja harus dilakukan ekstra perawatan bagi rambutnya, supaya rambut tetap sehat meski menggunakan hijab. Kalau tidak akan menimbulkan masalah pada rambut dan kulit kepala Anda.

Oleh sebab itu bagi para wanita yang berhijab harus melakukan perawatan yang lebih pada rambut mereka daripada yang tidak memakai hijab. Berikut adalah beberapa tips merawat rambut dan kulit kepala tetap sehat meski menggunakan hijab, antara lain yaitu :
  1. Pilihlah shampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda, untuk menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Jangan menggunakan conditioner dari akar rambut karena akan menyebabkan rambut semakin lembab yang bisa menyebabkan munculnya ketombe.
  2. Gunakanlah hair tonik setelah keramas, dan jangan lupa lakukan pijatan ringan pada kepala karena hal itu bisa melancarkan peredaran darah.
  3. Lakukan Creambath minimal seminggu sekali untuk membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala agar mendapat nutrisi serta menghindari kecenderungan rambut menjadi lembab dan berketombe khusunya bagi para wanita berhijab.
  4. Konsumsi makanan yang mengandung rendah lemak serta kaya protein, vitamin B6, B12 dan C, asam lemak omega 3, zinc serta zat besi ( kacang-kacangan, bayam, pisang, ikan salmon dan tiram)
Selain cara merawat diatas, ada hal lain yang sangat penting untuk dilakukan agar rambut tetap sehat khususnya pada saat akan bepergian, diantaranya yaitu :
  • Pada saat rambut basah sebaiknya hindari langsung menggunakan jilbab, karena rambut basah lebih rapuh daripada rambut kering. Rambut yang masih basah bila ditutup akan menjadi lembab dan muncul ketombe, serta bau yang tidak sedap saat jilbab Anda dibuka. Jika terpaksa dan perlu gunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut, meskipun sebaiknya membiarkan rambut kering secara alami jauh lebih baik.
  • Jika tekstur rambut Anda kering, gunakanlah shampo dan conditioner khusus rambut kering. Gunakan juga jilbab dengan bahan yang halusyang tidak terlalu keras menggesek rambut agar pada saat bepergian Anda akan merasa nyaman.
  • Jika Anda mempunyai rambut yang panjang, sebaiknya jangan mengikat rambut terlalu kencang, karena akan menyebabkan rambut mudah rapuh dan mudah patah. 
Demikianlah sedikit tips merawat rambut tetap sehat meski berhijab, caranya cukup sederhana dan kita bisa melakukannya sendiri. Jika rambut dan kulit kepala kita tetap sehat, tentu saja kita akan nyaman menggunakan hijab. Semoga tips ini bisa sedikit membantu Anda mengatasi masalah rambut khususnya bagi yang berhijab.

### Semoga Bermanfaat ###   


    Artikel Terkait