Manfaat dan Khasiat Cumi-Cumi bagi Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Cumi-Cumi bagi Kesehatan. Cumi-cumi merupakan golongan atau kelompok hewan Cephalopoda yang dalam bahasa yunani berarti " kaki kepala ". Hal itu disebabkan karena cumi-cumi kakinya terpisah menjadi sejumlah tangan yang melingkari kepalanya. Selain itu cumi - cumi juga termasuk hewan Invertebrata atau hewan yang tidak bertulang belakang. Cumi-cumi tidak hanya enak saat disantap tapi juga bernfaat ddan berkhasiat bagi kesehatan lho..!! Seperti kita ketahui cumi-cumi juga mempunyai tinta yang berwarna hitam yang berguna sebagai pelindung dari serangan musuh dan tinta tersebut ternyata juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Bagi sebagian orang mungkin tinta cumi sering dibuang pada saat cumi akan dimasak, mungkin
karena warna tinta cumi yang hitam menjadi pertimbangan karena dianggap mengurangi tampilan hasil masakan. Tapi jangan salah tinta cumi mempunyai kandungan zat yang bersifat anti-angiogenic yang berfungsi mencegah pertumbuhan sel-sel tumor dan mencegah tumbuhnya pembuluh darah baru yang bisa menyebabkan tumor dan sel kanker. Oleh sebab itulah saat ini tinta cumi sudah banyak dipakai sebagai pewarna makanan alami,misalnya untuk pewarna mie dan sebagainya.

Sudah bukan rahasia lagi kalau seafood memang mempunyai kandungan gizi yang sangat bagus bagi tubuh, salah satunya adalah cumi-cumi tentunya. Cumi-cumi mengandung mineral serta nutrisi yang didalamnya terdapat protein, vitamin dan Omega3 yang sangat baik untuk pembentukan sel darah merah. Sel darah merah sendiri sangat penting bagi tubuh, kandungan hemoglobin (Hb) dalam sel darah merah merupakan alat transportasi oksigen ke seluruh tubuh dan itu sangat penting untuk mencegah penyakit jantung dan sroke. Berikut adalah beberapa manfaat dan khasiat cumi-cumi bagi kesehatan, antara lain : 
  • Mengoptimalkan sel darah putih. Sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan dalam tinta cumi bisa mengaktifkan sel-sel darah putih dengan baik dan itu berfungsi untuk memerangi kuman dalam tubuh kita.
  • Menurunkan kandungan kolesterol dalam darah. Daging cumi mengandung kadar lemak yang relatih rendah, termasuk didalamnya asam lemak tidak jenuh ganda yaitu Omega3 yang bisa berfungsi menurunkan kandungan kolesterol dalam darah.
  • Menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan kandungan protein, Omega3, seng, tembaga, yodium, dan vitamin B. Dan semua itu bisa diserap tubuh dengan baik sehingga bisa membantu penbentukan sel darah merah yang berguna bagi kesehatan jantung kita.
  • Memperkuat tulang. Kandungan zat besi dalam cumi-cumi cukup tinggi dan hal itu bisa mencukupi kebutuhan gizi harian Anda.
  • Menambah nafsu makan. Kandungan mineral yang terdapat pada daging cumi-cumi bisa menyehatkan organ pencernaan kita, seperti lambung hingga usus. Dan apabila organ pencernaan sehat maka nafsu makan juga bertambah dan ini sangat baik bagi anak-anak.
  • Mencegah Penyakit Tumor dan kanker. Zat yang terdapat dalam tinta cumi-cumi bersifat anti-angiogenic yang berfungsi untuk mencegah tumbuhnya sel-sel tumor dan juga mencegah tumbuhnya pembuluh darah baru yang bisa menyebabkan tumor dan kanker.
Seafood khususnya cumi-cumi memang sangat bermanfaat dan berkhasiat bagi kesehatan tubuh kita, asal jangan mengkonsumsinya secara berlebihan dan jangan diolah dengan cara digoreng tentunya. Untuk mengoptimalkan manfaatnya sebaiknya olah cumi dengan cara yang sehat pula. Setelah mengetahui manfaat dan khasiat cumi-cumi yang sangat baik bagi kesehatan kita, tentunya Anda tidak akan ragu lagi untuk mengkonsumsi cumi-cumi bukan??? @BE HEALTHY BE HAPPY@ 

#### Semoga Bermanfaat ####
    












Artikel Terkait