Gejala Penyakit Varises dan Cara Pencegahannya

Gejala Penyakit Varises dan Cara Pencegahannya. Kata varises sudah tidak asing lagi ditelinga kita, tapi apakah tetapi apakah sebenarnya penyakit varises itu dan apa saja gejalanya serta bagaimana cara mencegah penyakit varises ini? Varises merupakan pembesaran pembuluh darah balik (vena) yang disebabkan adanya kelainan katup dalam pembuluh vena. Pembuluh vena memiliki semacam katup yang bisa membuka dan menutup oleh aliran darah yang melaluinya. Sedangkan varises terjadi apabila katup tesebut tidak berfungsi dengan baik dan bisa menyebabkan darah yang harusnya mengalir ke atas tubuh menuju jantung tetapi sebagian malah akan mengalir balik turun. Dan darah yang mengalir balik turun ini akan bertahan dan mendesak pembuluh darah vena sehingga vena melebar dan terjadilah penyakit varises.

Penyakit varises biasanya sering terjadi ditungkai, hal itu ditandai dengan pembuluh darah yang menebal dan berberwarna biru dipermukaan kulit tungkai. Penyebab varises juga bervariasi dan hingga kini gangguan varises ini terus berkembang. Posisi pekerjaan yang berdiri, kehamilan dan pengaruh hormon juga bisa menambah besar dan banyaknya varises. Penyakit varises pada umumnya dialami oleh kaum wanita, hal itu dikarenakan perubahan hormon selama kehamilan dan menopause.Selain itu ada beberapa faktor penyebab varises, diantaranya :

  • Faktor kehamilan
  • Faktor keturunan
  • Terlalu banyak berdiri
  • Kurang gerak
  • Kolesterol tinggi
  • Penderita Diabetes / kencing manis
  • Terlalu sering memakai sepatu hak tinggi

Berikut adalah beberapa gejala penyakit varises pembuluh darah, diantaranya yaitu :
  1. Munculnya pembuluh darah vena yang yang tidak beraturan dan berwarna biru keunguan yang disertai pembengkakan yang biasanya akan muncul dikaki dan betis. dan biasanya kemunculannya tidak disadari oleh penderita.
  2. Munculnya gejala seperti sakit pada kaki dan pembekakan pada mata kaki
  3. Timbulnya rasa sakit yang berlebih pada saat berdiri atau duduk terlalu lama
  4. Munculnya rasa gatal pada satu atau lebih pembuluh vena Anda
  5. Otot kram dan perih yang berdenyaut pada kaki
Ada banyak cara yang dilakukan untuk mencegah penyakit varises. Mungkin varises dianggap penyakit 
sepele, tapi jika dibiarkan sangat berbahaya bagi kesehatan kita dan membuat penampilan kulit kita tidak menarik.Varises bisa juga terjadi disaluran mulut ke perut (esofagus) hal itu berhubungan dengan kerusakan fungsi hati dan berakibat pada gangguan kemampuan menyaring darah, akibatnya aliran darah ke hati tidak lancar dan bisa membentuk tonjolan pembuluh darah diesofagus. Jika tonjolan itu pecah maka bisa masuk ke jalan pernafasan. Wanita lebih beresiko terkena varises karena kontraksi vena wanita lebih lemah dibanding pria dan kulit wanita lebih lunak. berikut beberapa cara pencegahan varises yang bisa Anda lakukan, diantaranya ; 
  • Olah raga secara teratur untuk melatih otot kaki, seperti : jalan, jogging atau bersepeda
  • Setelah beraktivitas, berbaringlah dengan posisi kaki lebih tinggi dari jantung
  • Pebanyak konsumsi sayuran dan buah yang bisa merangsang sirkulasi darah
  • Hindari terlalu sering menggunakan sepatu hak tinggi, karena bisa menghambat aliran darah ke jantung
  • Jangan duduk dengan posisi menyilangkan kaki terlalu lama, karena bisa menghambat aliran darah
  • Hindari memakai pakaian sempit dan ketat pada bagian pinggang, paha dan kaki
  • Jangan berbaring pada satu posisi saat tidur, untuk menghindari tekanan pembuluh darah pada satu tempat saja.
Itulah beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menghindari penyakit varises. Tidak ada obat yang bisa menyembuhkan varises, obat yang ada saat ini hanya berfungsi memperkuat dinding pembuluh darah balik supaya tidak cepat melebar dan memperburuk varises. Oleh sebab itu lebih baik mencegah dari pada mengobati bukan ??? 

>>> SEMOGA BERMANFAAT <<< 

Artikel Terkait